Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

1) Bidang Sikap dan Tata Nilai

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalanskan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  • Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan masyarakat berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal yang lain.
  • Berkerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

2) Bidang Pengetahuan

  • Mengembangkan konsep dan teori pendidikan Bahasa Arab yang terintegrasi dengan keilmuan lain.
  • Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah pendidikan Bahasa Arab secara logis, kritis, inovatif, dan kreatif, baik masalah internal maupun eksternal.
  • Menguasai dan mengembangkan teori pembelajaran pendidikan Bahasa Arab berbasis ICT.
  • Menguasai dan mengembangkan kurikulum pendidikan Bahasa Arab dan implementasinya.
  • Mengusai dan mengembangkan teori dan aplikasi penelitian pendidikan Bahasa Arab melalui pendekatan inter dan multidispliner.

3) Bidang Ketrampilan Umum

  • Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis,  dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerpakan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah tata caram etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi.
  • Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah dalam masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
  • Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  • Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  • Mampu mengambil keputusan dalam kontek menyelesaikan masalah, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kaian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  •  Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  • Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

4) Bidang Kertrampilan Khusus

  • Mengembangkan desain strategi, metode, dan model pembelajaran bidang Pendidikan Bahasa Arab.
  • Mengembangkan desain sumber, media, dan bahan ajar pendidikan Bahasa Arab.
  • Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti kegiatan penelitian pembelajaran bidang pendidika Bahasa Arab.
  • Mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran bidang Pendidika Bahasa Arab.
  • Menghasilkan dan mempublikasikan karya ilmiah bidang Pendidikan Bahasa Arab pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional.
  • Mempresentasikan karya ilmiah dalam pertemuan ilmiah tingkat nasional maupun internasional bidang Pendidikan Bahasa Arab.